Al Ghonam ~ Susu Kambing Etawa

Mengenal Susu Kambing Etawa

Mengenal Susu Kambing Etawa

Ditulis oleh Al Ghonam. Di Informasi . Diterbitkan pada Kamis, 26 Januari, 2017 - 12:06 am.

Susu kambing etawa memang belum begitu dikenal banyak orang. Namun, susu yang satu ini memiliki segudang manfaat dan komposisi nutrisi yang lebih banyak dan lebih lengkap dibandingkan dengan susu yang lain, seperti susu sapi misalnya. Salah satu manfaat yang paling besar adalah susu ini dapat membantu pengobatan berbagai macam penyakit termasuk penyakit berbahaya sekaliber kanker. Tentunya, Anda mulai penasaran dengan susu yang satu ini. Maka, untuk menjawab rasa penasaran tersebut Anda dapat membaca beberapa penjelasan di bawah ini.

Asal-Usul dan Perawakan Kambing Etawa

Perlu diketahui, nenek moyang kambing etawa ini adalah kambing jamnapari yang tinggal di daerah India. Secara khusus, kambing ini diyakini tinggal di daratan sepanjang sungai Cambul dan sungai Jamuna tepatnya di sepanjang Sungai Kwari, Distrik Bhind, Negara Bagian Madya Prades. Bila ditarik lebih jauh, kambing jamnapari ini berasal dari daerah Cakarnagar, Etawah, Negara Bagian Utar Prades.

Pada jaman penjajahan Inggris terhadap India, kambing jamnapari ini dibawa ke Benua Eropa dan dikawinkan dengan kambing lokal Inggris. Dari perkawinan inilah lahir ras baru yang disebut dengan kambing Anglo-Nubian. Kambing ras baru ini kemudian menyebar ke seantero Benua Eropa akibat aktivitas perdagangan dan pelayaran, termasuk ke daerah Belanda dan Amerika. Di Amerika Sendiri, kambing jamnapari diyakini sebagai nenek moyang dari ras kambing American-Nubian.

Kemudian, sewaktu Indonesia dijajah Belanda, kambing jamnapari ini pun dibawa ke Indonesia oleh sepasang suami istri yang diyakini bernama Tuan Hollanda dan Nyonya Netherlandia. Kambing ini dibawa dalam kapal dagang VOC yang dikosongkan dengan sengaja sebab kapal dagang ini akan digunakan untuk mengangkut rempah-rempah dari Nusantara untuk diperdagangakan di Benua Eropa. Tentu saja, penampilan kambing yang satu ini berbeda dari kambing lokal dan menarik perhatian penduduk setempat. Setiap kali ditanya jenis apakah kambing ini, Tuan Hollanda dan Nyonya Netherlandia selalu menjawab demikian, “Kambing Etawah.” Mungkin dikarenakan masalah pengucapan, kambing ini kemudian dikenal oleh penduduk setempat sebagai kambing etawa hingga sekarang.

Dalam paragraf sebelumnya disebutkan bahwa kambing etawa ini menarik perhatian penduduk setempat pada waktu ini. Alasannya adalah kambing ini memiliki perawakan yang berbeda dibandingkan dengan kambing biasa, atau kambing lokal. Adapun ciri-ciri perawakan kambing etawa adalah sebagai berikut:

  1. Berwarna putih bersih
  2. Memiliki bulu yang pendek kecuali di bagian paha belakang
  3. Memiliki hidung yang bengkok
  4. Memiliki tanduk yang menjulang ke atas dan panjang tanduknya dapat mencapai 25 cm
  5. Memiliki kuping yang panjang dan melambai ke bawah
  6. Memiliki leher yang panjang dan kuat
  7. Memiliki ekor yang pendek
  8. Memiliki raut wajah yang selalu tersenyum

Proses Pengolahan

Di negara asalnya, yaitu India, kambing ini dikenal sebagai kambing perah yang memiliki susu berkualitas baik. Dan kualitas susu yang baik ini pun juga dimiliki oleh kambing etawa yang sudah dikembangbiakkan di Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut, susu kambing ini dalam beberapa waktu terakhir menjadi susu yang dicari banyak orang sebab, sebagaimana disinggung dalam bagian pembuka, susu kambing ini memiliki banyak manfaat dan juga komposisi nutrisi yang lengkap. Namun demikian, di dalam pengolahan susu kambing terdapat kendala mendasar yaitu adanya mikroorganisme perusak yang dapat mengganggu kesegaran susu. Guna mengatasi kendala tersebut, banyak pengolah susu kambing ini melakukan proses yang disebut pasteurisasi (proses mengawetkan air susu dengan cara memanaskannya). Adapun proses pengolahan susu kambing ini akan dijabarkan secara lebih jauh sebagai berikut:

  1. Setelah air susu diperah, air susu dipanaskan pada suhu +/- 65O C agar dapat membunuh mikroorganisme atau bakteri yang dapat merusak susu kambing.
  2. Selanjutnya, setelah selesai dipanaskan air susu ini harus didinginkan secepatnya guna menghambat pertumbuhan mikroorganisme atau bakteri tersebut.
  3. Melalui proses pasteurisasi ini, air susu kambing dapat disimpan selama 5-10 hari dengan kualitas baik.

Mengingat kemajuan teknologi yang pesat, air susu kambing ini sekarang juga tersedia dalam bentuk bubuk. Adapun proses pengolahan air susu kambing dalam bentuk bubuk ini adalah sebagai berikut:

  1. Susu kambing wajib dipanaskan terlebih dahulu.
  2. Sembari dipanaskan, tambahkanlah gula pasir dengan komposisi lebih kurang seperempat hingga setengah berat susu ini. Takaran gula ini tidak boleh terlalu sedikit namun juga tidak boleh terlalu banyak.
  3. Setelah gula dimasukkan, aduklah susu kambing ini hingga mengental dan akhir menjadi butiran-butiran kristal. Dalam tahapan ini, Anda juga dapat menambahkan berbagai macam perisa seperti madu, jahe, vanilla, stroberi, dan lain-lain. Perisa organik lebih diutamakan sebab tidak akan merusak rasa asli susu ini.
  4. Haluskanlah butiran-butiran kristal ini. Untuk menghaluskan butiran kristal tersebut, Anda dapat menggunakan mesin blender ataupun alat-alat alternatif lainnya.

Sekedar informasi, ketika disimpan dalam bentuk bubuk susu kambing ini dapat bertahan hingga kurang lebih empat bulan lamanya.

Sebagaimana sudah disampaikan di atas, susu kambing ini memiliki segudang manfaat yang tentunya patut diacungi jempol. Salah satu manfaat yang sudah diketahui dan diakui adalah menyembuhkan penyakit berbahaya seperti kanker. Adapun manfaat yang lain adalah:

  1. Memperkuat tulang

Susu kambing ini memiliki kandungan kalsium enam kali lebih banyak dibandingkan dengan susu yang lain. Dengan demikian, kandungan kalsium ini pastinya akan memperkuat tulang kita.

  1. Mengobati gangguan pernapasan

Lemak dalam susu kambing ini lebih rendah dibandingkan dengan lemak susu sapi. Akibatnya, lemak yang lembut ini mudah dicerna dan membantu mengurangi penumpukan lendir bagi para penderita gangguan pernapasan.

  1. Membantu kinerja pankreas dalam memproduksi insulin

Dengan adanya kandungan A2-betakasein serta asam amino, kinerja pankreas menjadi terbantu sebab kedua kandungan ini diperlukan di dalam produksi insulin. Pastinya, susu ini menjadi sangat bermanfaat bagi para penderita diabetes.

  1. Menumbuhkembangkan sel-sel otak

Susu kambing ini memiliki vitamin B2 dan B3 yang memiliki kemampuan untuk menumbuhkembangkan sel-sel otak manusia. Jadi, dengan mengkonsumsi susu ini kecerdasan kita juga bertambah. Maka, susu ini pun sangat bagus untuk dikonsumsi anak-anak.

Kemasan dan Kisaran Harga

Bagi Anda yang mulai berminat untuk mengkonsumsi susu kambing ini, susu ini dapat ditemukan dengan mudah sebab tersedia di mana saja. Bahkan, susu kambing ini pun dapat dipesan secara online. Sekedar informasi, untuk sementara ukuran kemasan yang tersedia adalah 200 gram dengan kisaran harga sekitar Rp 25.000,00 – Rp 35.000,00 di Pulau Jawa dan Rp 30.000,00 – Rp 40.000,00 di luar Pulau Jawa. Harga ini biasanya belum disertai dengan ongkos kirim. Dengan mengasumsikan ongkos kirim sebesar Rp 10.000,00 untuk Pulau Jawa dan Rp 20.000,00 untuk luar Pulau Jawa, maka harga akhir susu ini kemungkinan berada di kisaran Rp 35.000,00 – Rp 45.000,00 untuk Pulau Jawa dan Rp 50.000,00 – Rp 60.000,00 untuk luar Pulau Jawa.

Penjelasan di atas tentunya membantu Anda mengenali lebih jauh susu kambing ini beserta dengan manfaatnya. Apabila Anda merasa penasaran, tentunya rasa penasaran tersebut terjawab dengan sendirinya. Namun demikian, satu hal terakhir yang mungkin dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa penasaran tersebut adalah mencicip susu kambing ini sendiri. Untuk hal ini, Anda dapat segera mencari atau memesan susu kambing etawa di mana saja.


86 out of 100 based on 427 user ratings
1 stars 2 stars 3 stars 4 stars 5 stars

Artikel Lainnya dari Informasi

Apa sih susu Al Ghonam itu ?

Apa sih susu Al Ghonam itu ?

Mengenali Reaksi Tubuh pada Susu Kambing Etawa

Mengenali Reaksi Tubuh pada Susu Kambing Etawa

Mitos dan Fakta Susu Kambing Etawa

Mitos dan Fakta Susu Kambing Etawa

Berbagi Info: Tips Mengatasi Efek Samping Susu Kambing Etawa
Berbagi Info: Tips Mengatasi Efek Samping Susu Kambing Etawa
Perbandingan Susu Kambing Etawa, ASI, dan Susu Sapi
Perbandingan Susu Kambing Etawa, ASI, dan Susu Sapi
Peluang Bisnis Susu Kambing di Indonesia Peluang Bisnis Susu Kambing di Indonesia
Kandungan Alami Susu Kambing Etawa yang Kaya akan Manfaat Kandungan Alami Susu Kambing Etawa yang Kaya akan Manfaat
Fakta Menarik Susu Kambing Etawa Fakta Menarik Susu Kambing Etawa


Kolom Komentar

Halaman

Kategori

Arsip

Tentang Kami Hubungi Kami Alamat Kami Buku Tamu Kritik & Saran

Susukambingalghonam.com adalah situs resmi susu kambing etawa plus herbal al ghonam. Alamat : Sragen, Provinsi Jawa Tengah.
Cp : +62 822 23602295 (Mas Arif)

© Copyright 2017 Al Ghonam. All Rights Reserved.