Al Ghonam ~ Susu Kambing Etawa

Konsumsi Susu Kambing Etawa: Tips dan Aturan Minum yang Tepat

Konsumsi Susu Kambing Etawa: Tips dan Aturan Minum yang Tepat

Ditulis oleh Al Ghonam. Di Informasi . Diterbitkan pada Senin, 6 Februari, 2017 - 1:03 am.

Dengan semakin menjamurnya produsen susu kambing etawa dan tren di masyarakat, konsumsi susu kambing etawa pun semakin meningkat. Ini berlaku juga bagi teman-teman yang penasaran dan hanya ingin mencoba atau sudah rutin mengkonsumsinya. Sayangnya banyak di antara teman-teman yang masih belum mengetahui cara konsumsi dan penyimpanan susu kambing etawa yang tepat. Berikut ini hal-hal yang perlu perhatikan dalam mengkonsumsi susu kambing etawa.

 

Cara Penyimpanan

Supaya khasiat dan manfaat dari susu kambing etawa yang sudah teman-teman beli tetap optimal dan terjaga, teman – teman perlu mengetahui cara menyimpan susu kambing etawa dengan tepat. Teman-teman juga perlu tahu bahwa cara penyimpanan untuk susu kambing etawa murni dan bubuk cukup berbeda. Untuk susu susu kambing etawa murni (non pastuerisasi), teman-teman perlu menyimpannya di lemari pendingin dengan suhu minus delapan belas derajat Celsius. Susu ini dapat bertahan kurang lebih selama dua minggu sejak tanggal pengiriman.  Sebelum disimpan di lemari pendingin, susu kambing etawa murni sebaiknya dipanaskan kemudian didinginkan sejenak sampai dingin. Pastikan bahwa botol atau tempat penyimpanan lainnya bersih, sebaiknya, cuci bersih wadah kemudian bilas dengan air panas barulah susu kambing etawa murni dimasukkan ke dalam wadah. Pastikan bahwa listrik teman-teman stabil agar tidak merusak susu kambing etawa. Apabila memungkinkan, akan jauh lebih baik jika teman-teman langsung mengkonsumsi susu kambing murni ini.

Berbeda dengan susu kambing etawa murni, susu kambing etawa bubuk dapat bertahan selama 6 bulan hingga 12 bulan sejak tanggal produksi asalkan teman – teman menyimpan susu kambing etawa bubuk disimpan ditempat yang sejuk dan kering dengan suhu 38 derajat Celcius.

Jadi untuk teman-teman yang merasa tidak ingin repot, bisa membeli susu kambing etawa bubuk sebagai alternatif.

 

Cara Konsumsi

Ada banyak cara menkonsumsi susu kambing etawa baik murni ataupun bubuk tergantung selera teman – teman. Teman – teman yang ingin mengkonsumsi susu kambing etawa murni bisa langsung meminumnya dari botol penyimpanan. Apabila susu sudah membeku karena disimpan di dalam lemari pendingin selama beberapa hari, teman-teman cukup merendam di dalam baskon berisi air kran secara berulang-ulang sampai suhu susu menjadi normal. Selain itu, teman-teman juga bisa mencampur susu kambing etawa murni dengan berbagai jenis minuman lain seperti madu, sari kacang hijau, soda, jahe atau yang lainnya dengan cara diblender. Setelah itu, teman-teman juga bisa menambahkan es batu ke dalam minuman teman-teman. Perlu teman-teman ketahui, teman-teman tidak boleh memblender susu kambing etawa terlalu lama karena akan merusak kandungan susu kambing etawa. Selain itu, teman-teman juga tidak dianjurkan untuk memasak susu kambing etawa murni hingga mendidih  karena dapat merusak kandungan fluorine dan vitamin di dalam susu. Apabila ingin mengonsumsi susu kambing etawa dalam keadaan hangat, susu kambing etawa murni yang disimpan didalam freezer hanya perlu dimasak sebentar saja.

Untuk susu kambing etawa bubuk, teman – teman cukup menuangkan susu kambing etawa bubuk ke dalam gelas atau wadah lainnya sesuai selera, kemudian tambahkan air hangat dengan suhu 40 derajat Celcius, tambahkan madu atau gula atau minuman lainnya sesuai selera kemudian aduk perlahan sampai semua merata. Sebaiknya susu, baik susu kambing etawa murni atau bubuk, segera diminum setelah dikeluarkan dari penyimpanan agar susu teman – teman tidak terkontaminasi.

 

Aturan Minum dan Dosisnya

Teman-teman perlu tahu bahwa dalam setiap 100 ml susu kambing etawa terdapat kandungan 70 kalori, 4,5% karbohidrat, 4-7% lemak, 3-4% protein, 134 gram kalsium dan 111 g fosfor. Tidak cukup sampai di situ, susu kambing etawa juga mengandung lemak, kalsium, protein, karbohidrat, magnesium, besi, natrium, kalium, vitamin (A, B1, B2, B6, B12, C, D, E), Niasin, asam Pantotenant, Kolin dan Inositol yang juga baik bagi tubuh. Kandungan ini begitu baik bagi tubuh tetapi ini juga berarti teman-teman harus berhati-hati dan memperhatikan aturan minum susu kambing etawa. Sebaik apapun kandungan suatu makanan, apabila terlalu banyak di dalam tubuh, hasilnya juga tidak akan baik.

Untuk teman-teman yang ingin menjaga kesehatan, cukup meminum dua gelas sedang susu kambing etawa dua sampai tiga kali dalam seminggu. Sebaiknya jangan lebih dari itu. Sedangkan teman-teman yang mengonsumsi susu kambing etawa untuk tujuan pengobatan, teman-teman perlu rutin mengonsumsi tiga gelas sedang susu kambing etawa dalam sehari. Untuk susu kambing etawa bubuk, takaran sajinya adalah 2 sendok makan untuk 200 cc air hangat. Untuk anak-anak, teman-teman bisa memberikan setiap hari dengan takaran saji yang sama atau sedikit ditambah.

 

Cara Mengecek Kondisi Susu

Susu kambing etawa murni memang sangat baik untuk tubuh kita, tetapi kalau tidak disimpan secara benar susu kambing etawa akan rusak dan tidak layak untuk dikonsumsi. Mencicipi rasa susu kambing etawa merupakan salah satu cara terbaik untuk mengetahui apakah susu kambing etawa teman-teman masih baik atau tidak untuk dikonsumsi. Apabila teman-teman merasa susu kambing sedikit manis dan sedikit asin, hal ini normal karena susu mengandung laktosa dan kasein yang menyebabkan susu kambing terasa manis dan sedikit asin. Apabila susu kambing etawa teman-teman mengalami perubahan rasa dan aroma seperti contohnya menjadi asam, berbau busuk dan tidak segar, sebaiknya susu dibuang karena sudah rusak. Selain itu, apabila teman-teman menemukan susu kambing teman – teman terlihat menggumpal atau memisah sebaiknya dibuang juga. Layak atau tidaknya susu untuk dikonsumsi juga bisa dilihat dari warna susu, apabila sudah terlihat menguning, itu berarti bakteri sudah berkembang biak di susu teman-teman.

Sedangkan apabila susu kambing bubuk teman – teman sudah menggumpal dan mengeras, susu kambing etawa bubuk teman-teman kemungkinan besar sudah rusak, jadi sebaiknya jangan dikonsumsi. Susu mengeras kemungkinan karena teman-teman tidak menyimpan dengan benar, jadi ketika membeli lagi, pastikan teman – teman menyimpan dengan benar. Selain itu, teman-teman juga perlu mencermati tanggal kadaluarsa. Semua susu yang dijual pasti memiliki tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa. Apabila sudah melebihi tanggal kadaluarsa, lebih baik teman – teman tidak mengonsumsinya.

 

Anjuran

Dari berbagai sumber, menurut penelitian sebenarnya tidak ada larangan bagi siapapun untuk meminum susu kambing etawa. Yang perlu teman – teman perhatikan adalah jika teman-teman memberikan susu kambing etawa kepada bayi teman – teman. Teman – teman perlu memperhatikan takaran atau jumlah susu kambing etaw yang diberikan karena sistem percernaan bayi masih belum sempurna. Ini juga berlaku bagi teman – teman yang memiliki penyakit tertentu. Ada baiknya jika teman – teman berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter seberapa banyak yang boleh dikonsumsi.

 

Susu kambing etawa memiliki manfaat yang begitu beragam. Oleh karena itu, masyarakat mulai mengonsumsi susu kambing etawa sebagi alternatif susu yang lebih baik. Dengan memperhatikan cara minum, penyimpanan dan dosis yang tepat, konsumsi susu kambing etawa pasti akan memberikan manfaat maksimal untuk tubuh teman – teman.

 


86 out of 100 based on 427 user ratings
1 stars 2 stars 3 stars 4 stars 5 stars

Artikel Lainnya dari Informasi

Apa sih susu Al Ghonam itu ?

Apa sih susu Al Ghonam itu ?

Mengenali Reaksi Tubuh pada Susu Kambing Etawa

Mengenali Reaksi Tubuh pada Susu Kambing Etawa

Mitos dan Fakta Susu Kambing Etawa

Mitos dan Fakta Susu Kambing Etawa

Berbagi Info: Tips Mengatasi Efek Samping Susu Kambing Etawa
Berbagi Info: Tips Mengatasi Efek Samping Susu Kambing Etawa
Perbandingan Susu Kambing Etawa, ASI, dan Susu Sapi
Perbandingan Susu Kambing Etawa, ASI, dan Susu Sapi
Peluang Bisnis Susu Kambing di Indonesia Peluang Bisnis Susu Kambing di Indonesia
Kandungan Alami Susu Kambing Etawa yang Kaya akan Manfaat Kandungan Alami Susu Kambing Etawa yang Kaya akan Manfaat
Fakta Menarik Susu Kambing Etawa Fakta Menarik Susu Kambing Etawa


Kolom Komentar

Halaman

Kategori

Arsip

Tentang Kami Hubungi Kami Alamat Kami Buku Tamu Kritik & Saran

Susukambingalghonam.com adalah situs resmi susu kambing etawa plus herbal al ghonam. Alamat : Sragen, Provinsi Jawa Tengah.
Cp : +62 822 23602295 (Mas Arif)

© Copyright 2017 Al Ghonam. All Rights Reserved.