Ketahuilah Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Ibu Hamil

Belum begitu banyak orang, bahkan ibu hamil sekalipun, yang mengetahui manfaat susu kambing etawa untuk ibu hamil. Bahkan, banyak pihak beranggapan bahwa ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi susu kambing etawa. Anggapan ini sebenarnya lebih didasarkan pada kekhawatiran semata, sebab belum ada hasil penelitian yang menyatakan semacam larangan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi susu kambing etawa. Justru, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi susu kambing etawa sebab ibu hamil sangat membutuhkan banyak nutrisi Adapun mengonsumsi susu kambing etawa dapat mendatangkan beberapa manfaat lain bagi ibu hamil, yang akan dijelaskan pada bagian berikutnya.

 

Manfaat

Sebagaimana dijelaskan di atas, belum begitu banyak orang yang mengetahui manfaat dari mengonsumsi susu kambing etawa. Padahal, susu kambing etawa ini memiliki segudang manfaat bagi siapa saja yang mengonsumsinya terutama bagi ibu hamil. Adapun manfaat yang dimaksud akan dijelaskan sebagai berikut.

  1. Memenuhi Kebutuhan Kalsium Ibu Hamil

Sebagaimana diketahui, ibu hamil memiliki kebutuhan nutrisi yang jauh lebih besar. Bahkan, dapat dikatakan bahwa kebutuhan kalsium ini jumlahnya dua kali lipat dibanding biasanya sebab ibu hamil tidak hanya mengkonsumsi nutrisi bagi dirinya sendiri melainkan juga bagi janin yang dikandungnya. Salah satu nutrisi yang wajib dipenuhi adalah kalsium. Ketika kehamilan memasuki usia enam bulan, kalsium menjadi sangat penting sebab kalsium di usia kehamilan 6 bulan ini akan membantu penyusunan tulang rangka janin. Jika ibu hamil tidak memiliki jumlah kalsium yang cukup di dalam tubuhnya, maka tulang ibu hamil akan mengalami pengeroposan yang tentunya berbahaya baik bagi dirinya sendiri maupun bagi janin di dalam kandungannya. Sehubungan dengan hal ini, susu kambing etawa memiliki jumlah kalsium enam kali lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi biasa, misalnya. Dengan demikian, ibu hamil tidak perlu mengkhawatirkan kebutuhan kalsium ketika memasuki usia kehamilan enam bulan ini.

  1. Membantu Perkembangan Janin

Susu kambing etawa memiliki komposisi nutrisi yang sangat lengkap. Komposisi nutrisi ini tentunya akan membantu pembentukan organ-organ tubuh janin pada masa kehamilan dini atau persisnya pada trimester I. Maka, para ibu yang baru hamil muda sangat disarankan untuk mengkonsumsi susu kambing etawa ini sebab komposisi tersebut akan banyak membantu pembentuka organ di dalam janin.

  1. Menjaga Kesehatan Janin

Seperti yang sudah diketahui, susu kambing etawa ini memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, protein yang seimbang, gizi yang cukup, dan lemak yang baik. Kandungan semacam ini ternyata dapat menjaga kesehatan janin. Sebab, seiring usia janin bertambah kebutuhan nutrisinya pun akan bertambah. Apabila kebutuhan nutrisi ini tidak tercukupi, maka janin akan mengambilnya dari nutrisi yang ada di dalam tubuh ibu hamil. Salah satu contoh yang sering terjadi adalah rasa linu dan pegal yang dialami oleh ibu hamil. Hal ini terjadi karena asupan kalsium janin masih kurang sehingga janin menyerap kalsium tersebut dari ibunya. Maka, guna menghindari hal tersebut ibu hamil dapat mulai mengonsumsi susu kambing etawa sehingga kesehatan ibu hamil maupun janin tetap terjaga.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Dipercaya atau tidak, menurut hasil penelitian para ahli susu kambing etawa diyakin dapat meningkatkan kecerdasan otak bayi bahkan sejak di dalam kandungan. Susu kambing etawa ini memiliki vitamin B2 dan B3 yang juga dikenal dengan nama riboflamin dan niacin. Kedua vitamin ini memiliki peran penting di dalam meningkatkan kecerdasan anak, bahkan sejak masih berada di dalam kandungan. Alasannya adalah riboflamin dan niacin amat berperan di dalam menumbuhkembangkan sel otak serta sistem saraf. Di samping itu, kedua vitamin ini juga memiliki peran-peran lain seperti membantu menjaga kesehatan tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Maka, tak jarang banyak ibu hamil pun mengonsumsi susu kambing etawa demi mendapatkan manfaat ini.

  1. Lebih Organik

Produk susu kambing ini dapat dikatakan lebih organik dibandingkan dengan susu lainnya. Sebab, kambing tidak dapat menerima makanan selain dari rerumputan dan dedaunan. Jadi, dapat dipastikan bahwa susu yang dihasilkan oleh kambing ini pastinya lebih organik dan lebih aman. Di samping itu, keadaan yang demikian membuat susu kambing menjadi bebas dari segala macam zat beracun yang dapat mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

 

Tips Memilih Susu Kambing Etawa

Meskipun agak melenceng dari pembahasan di atas, namun ada baiknya ibu hamil memperhatikan susu kambing etawa yang hendak dikonsumsi. Memilih susu kambing etawa yang baik dan berkualitas tentunya akan memastikan bahwa ibu hamil mendapatkan semua manfaat yang telah disebutkan di atas. Adapun produk susu kambing etawa ini terbagi menjadi dua tipe, yaitu susu kambing etawa segar dan susu kambing etawa bubuk. Bagi ibu hamil yang hendak membeli susu kambing etawa segar, berikut ini adalah cara memilih produk susu kambing etawa segar yang berkualitas:

  1. Harus terlihat berwarna kuning gading bila disimpan dalam kondisi beku (- 18O C, dengan kata lain menunjukkan kalsium yang tinggi)
  2. Mudah cair pada suhu ruang
  3. Mudah diremas dalam waktu 30 menit setelah dikeluarkan dari pendingin
  4. Mudah tercium dengan rasa khas yang manis dan sedikit gurih
  5. Krim dan air menyatu
  6. Tidak memiliki bau khas kambing yang menyengat
  7. Memiliki tanggal kadaluwarsa yang jelas
  8. Tidak pecah, tidak berbau menyengat, dan juga tidak memiliki rasa yang kecut

Kemudian, bagi ibu hamil yang hendak membeli susu kambing etawa bubuk, berikut ini adalah cara memilih produk susu kambing etawa bubuk yang berkualitas:

  1. Diedarkan oleh merk ternama yang kredibilitasnya tidak disangsikan
  2. Memiliki komposisi produk yang jelas
  3. Memiliki tanggal kadaluwarsa yang jelas
  4. Dikemas dalam alumunium foil dengan standar kebersihan yang jelas
  5. Memiliki berbagai varian rasa (tidak wajib, namun disarankan demikian demi kenyamanan dalam mengkonsumsi susu kambing ini).
  6. Memiliki testimoni yang positif (khusus untuk produk semacam ini yang dibeli secara daring)

Di samping itu, ibu hamil pun wajib mewaspadai peredaran susu kambing palsu. Tentunya, mendapatkan susu kambing palsu akan menjadi kerugian besar bagi ibu hamil. Maka, untuk menghindarinya ibu hamil dapat melakukan beberapa langkah sederhana berikut ini:

  1. Mencampukan susu kambing etawa dengan bahan lain: susu kambing etawa yang palsu tidak dapat larut dengan sempurna ketika dicampurkan dengan bahan lain, seperti air misalnya.
  2. Memeriksa tanggal kadaluwarsa susu kambing: susu kambing etawa yang palsu akan tahan lebih lama meskipun disimpan dalam lemari pendingin.
  3. Memiliki rasa gurih yang berlebihan: susu kambing etawa yang palsu memiliki rasa gurih berlebihan yang dapat memicu rasa mual ketika dikonsumsi.

Kiranya setelah mempelajari manfaat susu kambing etawa di atas, para ibu hamil dapat mulai mengkonsumsinya. Kiranya pula para ibu hamil tidak perlu khawatir dengan ketakutan tak berdasar sehubungan dengan pantangan mengkonsumsi susu kambing ini. Justru, sebaiknya ibu hamil segera mengkonsumsi susu kambing etawa ini demi kesehatan ibu dan janin yang lebih baik dan juga demi manfaat yang lebih besar. Semoga artikel tentang manfaat susu kambing etawa untuk ibu hamil ini berguna bagi para ibu hamil dan tentunya semua pembaca yang terhormat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *