Al Ghonam ~ Susu Kambing Etawa

Budidaya Kambing Etawa: Satu Lagi Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Budidaya Kambing Etawa: Satu Lagi Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Ditulis oleh Al Ghonam. Di Informasi . Diterbitkan pada Kamis, 23 Maret, 2017 - 12:04 am.

Budidaya kambing etawa memiliki peluang bisnis yang menjanjikan dan patut untuk dicoba. Betapa tidak, belakangan ini semakin banyak orang yang mulai mengkonsumsi susu kambing etawa. Sebab, susu ini diyakini memiliki banyak manfaat. Pada saat yang bersamaan, belum begitu banyak orang yang membudidayakan kambing perah ini. Maka, peluang Anda untuk menjadi pebisnis yang sukses terbuka sangat lebar. Namun demikian, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa penjelasan berikut yang nantinya dapat membantu usaha Anda.

4 Tahapan Penentu

Mengingat peluang bisnis yang menjanjikan, tentunya membudidayakan kambing etawa ini patut dicoba. Tetapi, ada empat hal yang menentukan sukses atau gagalnya suatu usaha pembudidayaan kambing etawa ini. Keempat hal tersebut adalah pengadaan indukan kambing etawa, pengadaan pakan kambing etawa, pemeliharaan kambing etawa, dan penentuan masa panen. Keempat hal ini akan dijelaskan secara lebih rinci di bawah ini:

  1. Pengadaan indukan kambing etawa

Supaya mencapai hasil maksimal, indukan yang hendak didatangkan wajib berkualitas bagus. Indukan semacam ini bisa didapatkan dari peternak kambing etawa langsung sebab indukan dari peternak kambing etawa jelas sudah memiliki catatan yang bagus dan kualitas yang terbukti. Adapun ciri-ciri indukan jantan kambing etawa yang berkualitas adalah memiliki punggung yang lurus, memiliki tubuh yang besar dan gagah, memiliki kaki yang kokoh, berumur minimal satu setengah tahun, dan bebas dari segala macam penyakit dan kecacatan fisik. Selanjutnya, ciri-ciri indukan betina kambing etawa yang berkualitas adalah memiliki kaki yang lurus, memiliki bentuk proporsional, jinak, memiliki puting sebanyak dua buah, dan juga bebas dari berbagai macam penyakit dan kecacatan fisik.

  1. Pengadaan pakan ternak kambing etawa

Setelah mendapatkan indukan yang berkualitas, Anda wajib mempertimbangkan jumlah pakan yang hendak disediakan. Pakan ini harus disesuaikan dengan kebutuhan ternak kambing etawa. Tujuannya adalah memberikan pakan secara optimal sehingga hasil yang didapat juga maksimal. Di samping itu, indukan jantan dan betina yang baru saja didapatkan tadi harus diberi vitamin. Maksudnya adalah supaya kedua indukan ini tahan terhadap habitatnya yang baru dan juga dapat segera beradaptasi dengan baik. Kembali kepada masalah pakan, ternak kambing etawa dapat diberi pakan berupa dedaunan serta kacang-kacangan yang kaya akan protein dan mineral. Pakan ini akan menunjang pertumbuhan kambing etawa yang baik. Sebenarnya, ada juga pakan buatan yang bisa didapatkan di toko pertanian terdekat. Namun, pakan organik biasanya dapat memberikan hasil yang lebih baik. Khusus mengenai pakan organik ini, komposisi yang dapat digunakan adalah 50% bekatul, 25% bungkil kelapa, dan 25% bungkil kacang-kacangan. Adapun dedaunan hijau yang dapat dijadikan pakan adalah daun pohon lamtoro, daun pohon nangka, dan daun pohon pepaya. Guna melengkapi kebutuhan nutrisi ternak kambing etawa, Anda dapat menambahkan garam beryodium ke dalam minumannya. Pakan ini dapat diberikan pada pagi dan sore hari.

  1. Pemeliharaan kambing etawa

Untuk pemeliharaan kambing etawa ini, ada dua aspek yang akan dibahas yaitu kandang kambing dan periode beranak. Keduanya akan dijelaskan masing-masing sebagai berikut.

  1. Kandang kambing

Kandang kambing etawa yang baik dapat dibuat menggunakan bahan yang kuat namun murah. Selanjutnya kandang ini juga harus memiliki lubang ventilasi yang cukup, bersih dari kotoran kambing, serta memiliki area makan dan minum yang dapat dijangkau. Tujuannya adalah mencegah timbulnya bakteri penyakit dan mendapat sinar matahari yang cukup.

  1. Periode beranak

Wajarnya, kambing etawa dapat beranak sebanyak 3 kali dalam waktu 2 tahun. Namun, proses ini dapat disiasati sehingga kambing etawa dapat beranak sebanyak lebih dari 3 kali dalam waktu 2 tahun. Caranya adalah dengan mengawinkan kambing etawa ini ketika usianya benar-benar memasuki musim kawin. Biasanya kambing etawa memasuki usia musim kawin sewaktu berumur 11 – 12 bulan. Kemudian, masa birahi kambing etawa biasanya berlangsung selama 1 – 2 hari. Adapun ciri-ciri kambing etawa ketika memasuki masa birahi ini adalah mengalami penurunan nafsu makan, mengalami kegelisahan, mengibaskan ekornya terus-menerus, serta buang air kecil dan besar secara tidak teratur. Selanjutnya, masa hamil kambing etawa lazimnya berlangsung selama lima bulan. Setelah melahirkan, kambing etawa akan memasuki masa istirahat selama dua bulan. Pada periode istirahat ini, Anda wajib membersihkan kandang kambing dan juga ternak kambing etawa tersebut supaya terhindar dari berbagai penyakit seperti cacingan dan kudisan.

  1. Penentuan masa panen

Penentuan masa panen kambing etawa tergantung dari target pasar yang ditentukan. Jika target Anda adalah warung sate kambing yang kental dengan kebutuhan daging muda maka kambing etawa dapat dipanen setelah memasuki usia 8-12 bulan. Namun, jika target Anda adalah produksi susu kambing etawa maka kambing etawa dapat dipanen setelah memasuki usia 12 bulan. Sekedar informasi, kambing etawa tidak hanya dapat dipanen daging maupun susunya melainkan juga kulit dan kotorannya.

Cara Budidaya yang Menguntungkan

Setelah mempelajari keempat tahapan yang menentukan dalam budidaya kambing etawa, Anda sekarang perlu mempelajari cara beternak kambing etawa yang menguntungkan. Cara beternak ini wajib diketahui supaya Anda dapat menangguk keuntungan dalam jumlah yang menggiurkan. Adapun yang harus dilakukan supaya usaha ternak Anda menguntungkan adalah:

  1. Menentukan lokasi kandang kambing yang dekat dengan keramaian, tidak mengganggung aktivitas warga lain, dan terjangkau oleh konsumen.
  2. Membuat kandang yang senyaman dan sebersih mungkin sehingga siklus udara di dalam kandang berjalan secara optimal; kandang ini pun harus dibuat menghadap ke timur sebab sinar ultraviolet di dalam cahaya matahari yang konstan akan membunuh segala kuman di dalam kandang sehingga kesehatan kambing terjaga.
  3. Carilah indukan jantan dan betina yang berkualitas baik; sebagaimana dijelaskan dalam bagian sebelumnya, indukan yang baik dapat diperoleh dari peternak kambing etawa langsung.
  4. Berikanlah pakan hijau yang kaya akan nutrisi supaya daging dan susu yang dihasilkan berkualitas baik; apabila pakan hijau sulit didapat, alternatif yang dapat ditempuh adalah memberikan pakan fermentasi yang dibuat sendiri. Namun, yang wajib diingat adalah pakan organik selalu memberikan hasil yang optimal dibandingkan dengan pakan buatan.
  5. Merawat kandang secara berkala, terutama dalam hal kebersihan. Tujuannya adalah membuat kambing merasa nyaman dan tidak stres.
  6. Memperhatikan siklus kawin dan melahirkan sehingga dapat mencapai produksi daging dan susu yang optimal.
  7. Menentukan masa panen yang tepat, biasanya ketika kambing etawa berumur sekitar satu setengah tahun. Sebagai tambahan, kambing etawa ini juga dapat dipanen menjelang hari raya sehingga hasil penjualannya lebih maksimal dan keuntungan yang didapatkan tentunya lebih besar.

Dengan memperhatikan panduan di atas, tentunya membudidayakan kambing etawa ini bukan merupakan perkara yang sulit untuk dilaksanakan. Akan tetapi, setiap usaha, termasuk budidaya kambing etawa ini, tentunya membutuhkan kesabaran dan kesabaran pastinya akan membuahkan keberhasilan. Bagi Anda yang berminat untuk berwirausaha, kiranya budidaya kambing etawa ini dapat memberikan prospek yang menjanjikan dan, dengan demikian, selamat mencoba!

image source : http://tutorialbudidaya.blogspot.co.id/


86 out of 100 based on 427 user ratings
1 stars 2 stars 3 stars 4 stars 5 stars

Artikel Lainnya dari Informasi

Apa sih susu Al Ghonam itu ?

Apa sih susu Al Ghonam itu ?

Mengenali Reaksi Tubuh pada Susu Kambing Etawa

Mengenali Reaksi Tubuh pada Susu Kambing Etawa

Mitos dan Fakta Susu Kambing Etawa

Mitos dan Fakta Susu Kambing Etawa

Berbagi Info: Tips Mengatasi Efek Samping Susu Kambing Etawa
Berbagi Info: Tips Mengatasi Efek Samping Susu Kambing Etawa
Perbandingan Susu Kambing Etawa, ASI, dan Susu Sapi
Perbandingan Susu Kambing Etawa, ASI, dan Susu Sapi
Peluang Bisnis Susu Kambing di Indonesia Peluang Bisnis Susu Kambing di Indonesia
Kandungan Alami Susu Kambing Etawa yang Kaya akan Manfaat Kandungan Alami Susu Kambing Etawa yang Kaya akan Manfaat
Fakta Menarik Susu Kambing Etawa Fakta Menarik Susu Kambing Etawa


Kolom Komentar

Halaman

Kategori

Arsip

Tentang Kami Hubungi Kami Alamat Kami Buku Tamu Kritik & Saran

Susukambingalghonam.com adalah situs resmi susu kambing etawa plus herbal al ghonam. Alamat : Sragen, Provinsi Jawa Tengah.
Cp : +62 822 23602295 (Mas Arif)

© Copyright 2017 Al Ghonam. All Rights Reserved.